UD.Inti Mustika - Jual tempat makan ayam dan tempat minum ayam

Berapakah Kisaran Harga Nipple Ayam Petelur Di Pasaran?

Tanggal : 14 Sep 2023 Penulis : Jimmy Muliawan

Berapakah Kisaran Harga Nipple Ayam Petelur Di Pasaran?

Salah satu pertimbangan saat sedang membangun sebuah kandang untuk peternak adalah harga nipple ayam petelur.

Sebab sama seperti manusia, ayam tidak hanya harus makan untuk memenuhi nutrisinya namun juga cukup minum supaya tidak dehidrasi selama berada di dalam kandang.

Dengan kebutuhan air yang tercukupi, ayam jadi dapat mengatur suhu mereka sehingga dapat menjadi lebih produktif dan bisa bertelur dengan optimal.

Namun ayam memiliki keterbatasan untuk minum di dalam kandang sehingga harus dibantu dengan sebuah alat yang dapat memenuhi kebutuhan airnya secara otomatis.

Hal inilah yang membuat pertimbangan harga nipple ayam petelur sangat penting saat benar-benar memutuskan untuk memiliki alat penunjang krusial ini di dalam kandang

Apa Itu Nipple Ayam Petelur?

Nipple ayam petelur (nipple drinker) merupakan salah satu alat modern dalam bidang peternakan untuk menyajikan air kepada ayam tanpa harus membawa air dalam ember secara terus menerus.

Alat ini bekerja dengan sistem otomatis yang memungkikan ayam untuk dapat minum dengan lebih mudah

Bagaimana Nipple Drinker Bekerja?

Sistem dalam nipple drinker ini memiliki terdiri dari “puting” (nipper)  yang terpasang pada pipa atau selang dan terhubung dengan sumber air.

Bagian nipper inilah yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat ditekan oleh paruh ayam untuk melepaskan air secara otomatis.

Jadi para peternak tidak perlu terus-terusan untuk mengganti air sehingga dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga untuk kegiatan pemeliharaan.

Tentunya, sistem ini dapat membuat nipple tersebut dapat memasok air minum kepada ayam secara berkelanjutan kapanpun mereka inginkan.

Selain itu, air di dalam nipple juga terlindungi dengan baik dari paparan lingkungan sehingga metode ini dianggap lebih higienis dan efisien dibandingkan dengan sistem minum tradisional seperti mangkuk.

Sebab alat ini dapat meminimalisir kemungkinan adanya kontaminasi oleh kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada unggas

Fungsi Utama Nipple Drinker untuk Ayam

Memang secara umum nipple drinker atau sistem minum dengan metode puting berfungsi untuk memberikan akses air bersih dan aman untuk ayam. 

Sistem ini sangat penting dalam memenuhi kebutuhan air minum ayam secara terus menerus sehingga mereka dapat tetap hidrasi dan sehat.

Jelas cara ini menawarkan lebih banyak fungsi dan keuntungan dibandingkan dengan metode konvensional menggunakan mangkok atau baskom, diantaranya adalah:

1. Pemberian Minum yang Jauh Lebih Praktis

Kehadiran sistem nipple drinker memungkinkan ayam untuk minum dengan cara yang lebih alami, yaitu dengan memutar leher mereka dan mengeluarkan air dengan tekanan lembut pada bagian “putingnya”.

Oleh karena itu, kuantitas air yang digunakan akan sesuai dengan kebutuhan ayam sehingga akan meminimalisir air yang terbuang. 

Bahkan, alat ini juga akan membantu pekerjaan Anda untuk pemberian minim jadi semakin mudah. Sebab, Anda tidak perlu bolak-balik mengisi air minum dan memantaunya setiap saat

2. Menjaga Kesehatan Ayam

Sistem nipple drinker dapat membantu menjaga kesehatan ayam dengan menyediakan air minum yang bersih dan aman dari kontaminasi bakteri dan kotoran. 

Tampungan air pada alat ini berada dalam kondisi yang tertutup sehingga terjamin kebersihannya dan dapat membantu menyehatkan ayam sehingga terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kurangnya asupan air.

3. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Air

Penggunaan sistem nipple drinker ini juga dapat berfungsi untuk mengurangi pemborosan air karena hanya melepaskan air ketika ditekan oleh paruh ayam. Hal ini dapat membantu menghemat air dan biaya pengelolaan peternakan.

4. Meningkatkan Produktivitas Ayam

Dengan ketersediaan air minum yang terjamin dan terus menerus, ayam dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas ayam dalam menghasilkan telur dan daging

5. Memudahkan Proses Pemeliharaan dan Kebersihan

Kegunaan terakhir dari sistem “puting” drinker ini membuat kandang jadi semakin mudah untuk dibersihkan dan dilakukan pemeliharaan. 

Sebab para peternak tidak perlu melakukan penggantian air secara manual atau memeriksa dan membersihkan mangkuk minum yang kotor.

Baca jugaHarga Kandang Baterai Ayam Petelur

Tipe-Tipe Nipple Ayam Petelur Di Pasaran

Saat ini, telah tersedia berbagai macam pilihan nipple drinker yang ada di pasaran. Setiap tipe ini menawarkan bentuk dan fitur yang berbeda sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Namun, tipe nipple ayam petelur yang paling umum digunakan oleh peternak ada dua jenis, antara lain adalah

1. Tipe Horizontal

Pada tipe horizontal, bagian nipple akan terpasang di sisi wadah penampung air yang telah Anda pilih. Biasanya para peternak akan mengebor lubang kecil dari sisi wadah penampung untuk menginstalasi nipple.

Sistem ini akan bekerja dengan gaya pegas sehingga ayam harus menekannya dengan cara dipatuk terlebih dahulu supaya bisa melepaskan air dalam penampung sesuai dengan kebutuhan.

Nipple drinker pada sistem ini biasanya berbentuk bulat atau silinder, dan dapat ditekan oleh paruh ayam untuk melepaskan air.

2. Tipe Vertikal

Berbeda dengan sebelumnya, tipe vertikal dirancang dengan memanfaatkan prinsip gravitasi sehingga nipple dipasang pada bagian bawah wadah yang menggantung. Jadi apabila nipple digerakkan oleh ayam, maka air dapat keluar dan diminum segera.

Kedua tipe sistem baik horizontal maupun vertikal ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda sehingga harga nipple ayam petelur juga tidak akan sama satu sama lain

Kisaran Harga Nipple Ayam Petelur

Secara umum, kisaran harga nipple ayam petelur dapat bervariasi tergantung pada tipe dan merek nipple drinker yang digunakan. Apabila Anda hanya menginginkan kapsul nipple-nya saja, maka biaya yang perlu disiapkan hanya berkisar Rp. 2000-an saja untuk satu unit.

Sedangkan, untuk harga nipple ayam petelur satu paket yang telah berisi Drip Cup (Mangkok), seal dan kapsulnya, harganya bisa mencapai Rp. 5000-7000 untuk satu unit.

Di Indonesia sendiri biasanya pilihan Nipple ayam disebutkan dengan menggunakan kode-kode tertentu seperti A9, A7 dan A5. 

Walaupun harganya terbilang cukup murah, biasanya para distributor hanya menerima pembelian dengan jumlah minimal tertentu yaitu di atas 25 unit.

Perlu diingat bahwa harga-harga tersebut juga dapat berbeda-beda tergantung pada merek, kualitas, dan jumlah yang dibeli. Selain itu, harga nipple drinker juga dapat dipengaruhi oleh biaya pengiriman atau instalasi jika diperlukan.

Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran ayam, kualitas dan tipe produk yang ditawarkan, kesediaan suku cadang serta membandingkan harga terbaik saat hendak memilih produk tersebut bagi ternak Anda.

Terakhir, lakukan riset dan bandingkan harga nipple drinker dari berbagai merek atau penjual sebelum membeli. 

Namun, jangan hanya mempertimbangkan harga saja, pastikan juga kualitas nipple drinker yang Anda beli supaya dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Kami distributor alat peternakan ayam juga merupakan supplier nipple ayam dengan harga terjangkau. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya.


kategori Blog

Tag

Post terbaru