UD.Inti Mustika - Jual tempat makan ayam dan tempat minum ayam

Solusi Konstruksi Kandang Ayam Closed House Terkini

Tanggal :08/09/2023 00.00.00 Penulis : Jimmy Muliawan

Solusi Konstruksi Kandang Ayam Closed House Terkini

Apakah Anda seorang peternak ayam yang mencari solusi terbaik untuk kandang ayam closed house? Jika ya, Anda beruntung, karena UD. Inti Mustika adalah perusahaan kontraktor konstruksi yang ahli dalam membangun kandang ayam closed house terkini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi profil perusahaan ini, alat dan bahan yang mereka gunakan dalam pembuatan kandang, serta estimasi biaya untuk pembuatan kandang ayam closed house per ekor. Mari kita mulai!

UD. Inti Mustika: Profil Perusahaan Kontraktor Kandang Ayam Closed House

UD. Inti Mustika adalah perusahaan kontraktor konstruksi yang berbasis di Indonesia, yang telah mengukir nama dalam industri dengan fokus utama pada pembangunan kandang ayam closed house. Mereka memiliki pengalaman yang luas dalam merancang, membangun, dan mengelola kandang ayam modern yang menggunakan sistem close house.

Misi UD. Inti Mustika

Misi perusahaan ini adalah menyediakan solusi terbaik untuk pemeliharaan ayam yang efisien, nyaman, dan ramah lingkungan. Mereka berkomitmen untuk memastikan kualitas, kebersihan, dan keamanan dalam setiap kandang yang mereka bangun.

Visi UD. Inti Mustika

Visi perusahaan ini adalah menjadi mitra utama peternak ayam dalam mencapai keberhasilan dalam bisnis pemeliharaan ayam. Dengan pengalaman dan pengetahuan mereka, mereka bertujuan untuk membantu peternak mencapai hasil terbaik dalam produksi telur dan daging ayam.
 

Membangun Konstruksi Kandang Ayam Closed House


Peternakan ayam menggunakan kandang closed house dapat menghasilkan ayam dengan kualitas lebih baik. Kami akan membahas biaya pembuatan kandang ayam closed house untuk jumlah ayam berkisar dari 1000 hingga 10.000 ekor.

Salah satu jenis kandang yang sering digunakan untuk ayam broiler adalah kandang closed house, namun pembuatannya bisa menjadi mahal. Meskipun mahal, pemilihan kandang closed house ini sangat direkomendasikan jika Anda mempertimbangkan hasil panen yang optimal di masa depan.

Mengapa Biaya Kandang Closed House Lebih Tinggi?

Biaya pembuatan kandang ayam closed house memang cenderung lebih tinggi. Ini dikarenakan penggunaan teknologi dalam kandang ini. Kandang ayam closed house yang sepenuhnya tertutup memerlukan teknologi untuk mengatur suhu di dalamnya.

Karena kandang tertutup, pertukaran oksigen alami terhambat, sehingga kita memerlukan alat seperti kipas atau blower. Semua ini membuat biaya pembuatan kandang ayam closed house lebih tinggi daripada kandang terbuka (open house).

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Berikut adalah daftar alat dan bahan yang umumnya digunakan dalam pembuatan kandang ayam broiler closed house:

  1. Kipas atau Fan: Alat penting untuk mengatur udara di dalam kandang, seperti Exhaust Fan dan Blowing Fan. Harganya berkisar antara Rp3.794.000 hingga Rp5.950.000 per unit.

  2. Cooling Pad: Digunakan untuk membersihkan udara dan mengatur suhu di dalam kandang. Harganya sekitar Rp492.527 hingga Rp592.427 per buah.

  3. Heater: Berfungsi meningkatkan suhu jika terlalu dingin. Harganya bervariasi, mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp12.000.000.

  4. Controller: Alat yang mengendalikan sistem di kandang, termasuk kipas, cooling pad, dan heater. Harganya sekitar Rp7.950.000.

  5. Genset: Diperlukan sebagai sumber daya listrik cadangan. Harganya bervariasi, misalnya genset 150 kVA sekitar Rp150.000.000.

  6. Beton: Digunakan sebagai pondasi kandang. Harganya berkisar antara Rp700.000 hingga Rp1.675.000 per meter kubik.

  7. Baja Ringan: Digunakan untuk konstruksi bagian atas kandang agar tahan lama. Harganya sekitar Rp35.000 hingga Rp120.000 per batang.

  8. Kayu atau Bambu: Digunakan sebagai penyangga atau bagian samping kandang. Harganya bervariasi, misalnya bambu sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per bilah.

  9. Genteng: Berfungsi sebagai atap kandang. Genteng tanah liat lebih cocok daripada logam ringan atau asbes. Harganya berkisar antara Rp1.000 hingga Rp5.000 per buah.

  10. Tirai: Digunakan untuk menutupi bagian samping kandang. Harganya sekitar Rp5.000 hingga Rp22.750 per meter, tergantung pada jenis bahan.

Ini adalah beberapa alat dan bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kandang ayam broiler closed house. Selain itu, ada juga bahan-bahan pelengkap seperti paku dan sekrup.

Estimasi Biaya per Ekor

Estimasi biaya pembuatan kandang ayam closed house per ekor dapat bervariasi tergantung pada kapasitas kandang. Berikut adalah perkiraan biaya untuk beberapa kapasitas kandang:

  • 1000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp47.800.000.

  • 2000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp95.600.000.

  • 3000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp143.400.000.

  • 4000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp192.200.000.

  • 5000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp239.000.000.

  • 10.000 Ekor: Estimasi biaya sekitar Rp478.000.000.

Perlu diingat bahwa angka-angka ini hanya perkiraan kasar, dan biaya sebenarnya dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi dan teknologi yang digunakan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional peternakan untuk estimasi biaya yang lebih akurat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Meskipun biaya pembuatan kandang ayam closed house bisa tinggi, kualitas hasil panen yang lebih baik seringkali membuatnya menjadi investasi yang berharga. Alat dan bahan yang dibutuhkan mencakup berbagai komponen, mulai dari sistem suhu hingga konstruksi bangunan. Pilihlah kandang yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan peternakan Anda untuk mencapai hasil yang optimal.

 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag